Tugas Penkom 4
Bismillah...
Hari ini Sabtu, 08 Maret 2014 - Praktikum Penerapan Komputer
Aplikasi Pengolah Kata
Salah satu aplikasi pegolahan data yang sering digunakan adalah Ms. Word. Ada beberapa alat yang digunakan untuk memudahkan pengguna, diantaranya:
1. Mail Merge
Salah satu alat yang digunakan untuk mengirim surat dengan beberapa alamat yang berbeda caranya :
Gambar 1 Cara mengoperasikan mail merge
Gambar2 Cara mengoperasikan mail merge
klik 'next...' yang ada di sidebar sebelah bawah sampai 3 of 6
Gambar 3 Cara mengoperasikan mail merge
klik 'create..' ikuti setep selanjutnya
Gambar 4 Cara mengoperasikan mail merge
isi pada kolol : nomor, kepada, alamat dan perihal' (seperti pada gambar 1)
Gambar 5 Cara mengoperasikan mail merge
setelah klik 'ok' akan muncul halaman seperti ini selanjutnya, isi bagian yang kosong seperti contoh di atas.
Gambar 6 Cara mengoperasikan mail merge
lihat sidebar
Gambar 7 Cara mengoperasikan mail merge
klik seperti urutan contoh di atas
Gambar 8 Cara mengoperasikan mail merge
setelah selesai silahkan ikuti petunjuk di atas kotak merah menunjukan hasil yang telah anda tulis, klik next (kotak merah)
2. Section
Fungsinya untuk membedakan halaman-halaman, misalkan di skripsi ada nomor halaman (i. ii. iii) untuk membedakan halamannya dengan (1.2 3. dst) digunakan cara seperti di bawah ini.
Gambar 9 Cara membuat section
Gambar 10 Cara membuat section
Gambar 11 Cara membuat section
Gambar 12 Cara membuat section
penomoran
Gambar 13 Cara membuat section
setelah diubah (gambar 11) cek halaman selanjutnya yang penomorannya angka, silahkan ubah seperti contoh di atas.
3. Autotext
Fungsinya untuk menyisipkan text, jika kita mengetik sesuatu yang diulang-ulang, tidak perlu diketik ulang gunakan autotext untuk memudahkan. Caranya sebagi berikut.
Gambar 14 Cara membuat autotext
ketik kata yang akan sering diulang-ulang - contoh seperti di atas.
Gambar 15 Cara membuat autotext
pilih autotext -> klik ok
Gambar 16 Cara membuat autotext
klik Quick part, maka akan muncul seperti gambar di atas
4. Table of Content
Fungsinya untuk membuat daftar isi
Gambar 17 Cara membauat table of content
pertama tulis BAB-BAB utama di tulisan anda, blok misalkan BAB I PENDAHULUAN dan buat menjadi heading 1, sedangkan latar belakang dan tujuan dijadikan heading 2 seperti contoh di atas, yang lainnya menyesuaikan.
Gambar 18 Cara membauat table of content
Jangan blok tulisan anda! klik langsung menu table of content
Gambar 19 Cara membauat table of content
hasilnya akan seperti gambar ini, lihat halamannya semua judul ada di halaman 2.
Gambar 20 Cara membauat table of content
pindahkan judul di halaman yang anda inginkan (judul berasa di halaman berbeda)
Gambar 21 Cara membauat table of content
klik kanan pada daftar isi anda lalu klik "update field.."
Gambar 22 Cara membauat table of content
pilih salah satu lalu klik ok
Gambar 23 Cara membauat table of content
maka halaman akan me-refresh sesuai dengan juduu dan halaman sekarang berada.
----
yak, mungkin cukup sekian, sedikit lagi ilmu bertambah~
selamat mencoba, tanyakan bila belum jelas~~ :)
semoga bermanfaat :D
PPYOONG!!~~
Comments
Post a Comment